Articles

Sony Upgrade PlayStation dengan CPU Lebih Kencang

Rate this item
(0 votes)

Rumor seputar konsol PlayStation (PS) 4.5 semakin santer merebak. Kali ini, tersebar beberapa bocoran yang menguak misteri PS 4 versi baru yang kabarnya memiliki spesifikasi CPU yang lebih bertenaga.

 

Bocoran informasi itu dibeberkan media game ternama Giant Bomb. Pihak situs tersebut mengaku mendapatkan bocoran dari beberapa dokumen yang dibagikan oleh beberapa sumber terpercaya. 

Menurut dokumen, PS 4.5 sudah memiliki nama kode internal sendiri. Ia disebut sebagai "Neo" oleh Sony, sang pembuat konsol ini. 

Dari dokumen tersebut, diketahui juga spesifikasi yang akan disematkan Sony ke dalam perangkat tersebut, termasuk CPU 8-core Jaguar di kecepatan 2,1 GHz, GPU AMD GCN yang telah ditingkatkan menjadi 36 CU di kecepatan 911 MHz, dan RAM yang lebih kencang DDR5 8 GB berkecepatan 218 GB per detik.

Spesifikasi tersebut meningkat dari PS 4 orisinil yang memiliki CPU 8-core Jaguar berkecepatan 1,6 GHz, GPU AMD GCN 18 CU di kecepatan 800 MHz, dan RAM DDR5 8 GB 176 GB per detik.

Dengan spesifikasi yang lebih bertenaga, diharapkan PS "Neo" bisa menjalankan grafis yang lebih baik hingga resolusi 4K.

Sementara saat ini, PS 4 baru bisa menjalankan game di resolusi Full HD 1080p.

Ekosistem game tidak berubah

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Selasa (19/4/2016), meski mendapat peningkatan spesifikasi, Sony tidak ingin agar PS "Neo" mendapat ekosistem game sendiri. Perusahaan asal Jepang itu menginginkan PS 4 dan PS Neo "hidup" secara berdampingan.

Itu artinya, pemain tetap dapat menggunakan jaringan toko PlayStation Network dan user interface yang sama. Game versi digital dan Blu-ray yang telah dibeli sebelumnya juga dapat digunakan di konsol baru tersebut.

Sony juga melarang para developer untuk merilis game khusus untuk PS Neo. Semua game yang diluncurkan nantinya harus bisa dinikmati di PS 4 original. Fitur-fitur yang mendukung PS Neo nantinya akan dihadirkan melalui patch terpisah.

Selain itu, mulai Oktober 2016 mendatang, Sony meminta para pengembang untuk merilis game dalam dua versi, yakni "Base Mode" untuk PS 4 biasa dan "Neo Mode" untuk PS Neo.

PS Neo sendiri dikabarkan akan dirilis dalam waktu dekat ini dengan harga sekitar 400 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta.